Rabu, 10 November 2010

INOVASI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

           Inovasi ialah suatu upaya yang sengaja dilakukan untuk memperbaiki praktik pendidikan dengan sungguh-sungguh. Miles dalam Ibrahim (1988:52) mengungkapkan paling tidak ada 11 komponen penting yang menjadi wilayah inovasi dalam pendidikan. Kesebelas komponen tersebut yaitu (1) personalia, (2) banyaknya personal dan wilayah kerja, (3) fasilitas fisik, (4) penggunaan waktu, (5) perumusan tujuan, (6) prosedur pembelajaran, (7) peran yang diperlukan, (8) wawasan dan perasaan, (9) bentuk hubungan antarbagian atau mekanisme kerja, (10) hubungan dengan sistem lain, dan (11) perencanaan strategi pembelajaran.
          Untuk keberhasilan inovasi itu dipandang perlu adanya perencanaan yang matang. Ibrahim (1988) mengungkapkan elemen-elemen pokok dalam proses perencanaan yaitu (a) merumuskan tujuan umum dan tujuan khusus inovasi, (b) mengidentifikasi masalah, (c) menentukan kebutuhan, (d) mengidentifikasi sumber penunjang dan penghambat, (e) menentukan alternatif kegiatan, (f) menemukan alternatif pemecahan masalah, (g) menentukan alternatif pendayagunaan sumber daya yang ada, (h) menentukan kriteria untuk memilih alternatif pemecahan masalah, (i) menentukan alternatif pengambilan keputusan, dan (j) menentukan kriteria untuk menilai hasil inovasi.
           Berdasarkan pemikiran di atas dipandang perlu adanya sebuah model dalam inovasi pendidikan. Model itu ialah model MOPIPPI yang bercirikan terbuka, fleksibel, keseluruhan, dan hubungan.
           Cara menerapkan inovasi pendidikan di SD disarankan satu alternatif berupa lagkah-langkah praktis dalam penerapan inovasi pendidikan SD, yaitu (1) buatlah rumusan yang jelas, (2) gunakan metode atau cara yang memberi kesempatan, (3) gunakan berbagai macam alternatif, (4) gunakan data atau informasi yang sudah ada, (5) gunakan tambahan data untuk mempermudah fasilitas, (6) gunakan pengalaman Sekolah Dasar atau lembaga yang lain, (7) berbuatlah secara positif, (8) menerima tanggung jawab pribadi, (9) adanya pengorganisasian kegiatan, dan (10) mencari jawaban atau beberapa pertanyaan dasar tentang inovasi di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar